Resep ikan bakar bumbu kecap yang lezat dan mudah

By
Ikan bakar merupakan jenis olahan ikan yang banyak orang gemari. Rasanya yang khas inilah membuat ikan bakar berbeda dengan olahan atau masakan ikan lainnya baik ikan air tawar maupun ikan laut. Karena kelezatannya ikan bakar bisa  menjadi masakan yang sangat menggugah selera, apalagi juga bumbunya menggunakan bumbu kecap.

Berbagai macam jenis ikan bisa kita manfaatkan untuk membuat ikan bakar. Untuk ikan laut, ikan bawal laut, ikan kwe, ikan kakap dan sebagainya, bisa menjadi pilihan untuk dijadikan ikan bakar. Sementara untuk jenis ikan air tawar, ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas paling banyak digunakan sebagai ikan bakar karena memiliki rasa dagingnya yang gurih. Untuk ikan bakar dengan bahan ikan seperti tersebut, sebelumnya saya juga telah bagikan resepnya untuk anda seperti gurame bakar pedas manis, resep ikan kwe bakar sambal dabu-dabu, bawal bakar saus barbeque dan masi banyak lagi. Jadi apabila anda suatu saat ingin membuat ikan bakar, anda tinggal mengikuti resep dan cara mengolahnya saja.

Resep ikan bakar bumbu kecap yang lezat dan mudah

Pada kesempatan ini, kebetulan saya juga ingin membagikan resep untuk membuat ikan bakar. Namun untuk sekarang, resep yang akan saya bagikan ini khusus bagi anda yang suka dengan ikan bakar kecap namun. Jadi apabila anda yang suka dengan ikan bakar ini dan belum tahu resepnya, anda tinggal ikuti saja resep cara membuat ikan bakar bumbu kecap yang akan saya berikan di bawah ini.

Baik langsung saja, untuk membuat ikan bakar bumbu kecap yang lezat dan mudah,  anda ikuti saja resepnya berikut ini:

Bahan-bahan membuat ikan bakar bumbu kecap

  • Siapkan 3 ekor ikan -+900 gram. Jenis ikan menurut selera anda, mau menggunakan ikan laut atau tawar. Saya menggunakan ikan gurame
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 sdm air asam jawa
  • Kecap manis secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis


Bumbu halus ikan bakar bumbu kecap

  • 3 buah cabai merah besar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cm jahe
  • Garam sesuai selera


Cara membuat ikan bakar bumbu kecap

  1. Bersihkan ikan dengan mengerat sisik dan isi perutnya, lalu sayat-sayat bagian samping ikan.
  2. Lumuri ikan menggunakan air perasan jeruk nipis hingga merata untuk menghilangkan bau amis. Diamkan selama 10 menit, bilas dan sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Kemudian masukan air asam jawa dan kecap manis, aduk-aduk hingga merata, dan angkat.
  4. Lumuri ikan dengan bumbu tumisan tadi, lalu bakar ikan di atas bara api sambil sesekali di oles bumbu tumis. 
  5. Bakar ikan dengan cara di bolak balik hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan sajikan.


Ikan bakar bumbu kecap ini akan sangat cocok disajikan dengan lalapan maupun sambal, walaupun ikan sendiri sudah terasa pedas. Dengan begitu, sajian ini akan semakin menambah selera makan anda.

Demikian tadi resep mudah untuk membuat ikan bakar bumbu kecap yang bisa anda ikuti. Semoga resep ikan bakar bumbu kecap yang lezat dan mudah untuk membuatnya ini bisa menambah wawasan anda untuk membuat ikan bakar yang lezat, baik untuk menu harian maupun pada saat acara tahun baruan dan acara lain. Selamat mencoba....