Ikan bawal bakar sambal petis

By
Ikan bawal merupakan ikan konsumsi yang banyak disukai karena memiliki rasa yang enak, empuk dan manis dagingnya. Hingga tak heran apabila ikan ini banyak di gemari oleh berbagai kalangan. Dengan berbagai cara olahan, ikan bawal bisa menjadi hidangan yang istimewa di meja makan.

Ikan bawal bakar sambal petis

Buat bunda yang ingin membuat hidangan ikan bawal istimewa, bunda bisa mengikuti resep yang akan saya bagikan yaitu bawal bakar dengan sambal petis. Di jamin cita rasa yang ada di bawal bakar sambal petis akan sangat menggungah selera. Dan berikut resep serta cara membuat bawal  bakar sambal petis yang bisa bunda ikuti untuk disajikan 2 orang.

Bahan
2 ekor ikan bawal putih (-+ 400 gram), 1 sendok makan asam jawa larutkan dengan 50 ml air, 1/2 sendok teh garam, 3 sendok makan minyak untuk menumis, 3 sendok makan margarin.

Sambal petis
6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 7 buah cabai merah keriting, 1 sendok teh garam (haluskan).

3 cm lengkuas memarkan, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 10 buah cabai rawit merah iris tipis, 1 sendok teh asam jawa larutkan dengan 25 ml air, 2 sendok makan petis udang.

Cara membuat
  1. Bersihkan ikan bawal lalu sayat-sayat badan sisinya, setelah itu lumuri dengan air asam jawa dan garam, diamkan selama 15 menit.
  2. Bakar ikan di atas bara api sambil diolesi dengan margarin sampai matang dan berwarna kecoklatan, kemudian angkat dan sisihkan.


Sambal petis
Panaskan minyak. tumis bumbu halus lengkuas daun salam daun jeruk dan cabai rawit sampai harum dan matang Tambahkan air asam jawa dan petis udang aduk hingga rata masak sampai mendidih angkat sajikan bersama bawal bakar.

Baca juga:

Itulah resep yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, dan nantikan resep ikan dari saya selanjutnya. Selamat mencoba